Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH SYAMSUDDIN, BULUH RAMPAI KABUPATEN INDRAGIRI HULU

IMAM CAHYONO, - (2023) MANAJEMEN KURIKULUM MADRASAH BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH TSANAWIYAH SYAMSUDDIN, BULUH RAMPAI KABUPATEN INDRAGIRI HULU. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)
[img]
Preview
Text
TESIS IMAM CAHYONO.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Imam Cahyono : Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren di MTs Syamsuddin, Buluh Rampai Kabupaten Indragiri Hulu Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Pesantren di MTs Syamsuddin, Buluh Rampai Kabupaten Indragiri Hulu. Metode dalam penelitian kali ini menggunakan kajian kualitatif deskriptif. Pemilihan metode ini akan mempermudah dalam memahami paparan data yang telah dijelaskan karena tersusun secara akurat dan sistematis. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah itu data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah verifikasi atau menarik kesimpulan. Hasil atau temuan dalam penelitian ini yakni: (1) Perencanaan Kurikulum Berbasis Pesantren di MTs Syamsuddin menunjukkan bahwa perencanaan kurikulum berbasis pesantren di MTs Syamsuddin telah berhasil mencapai tujuan yang diinginkan. Kurikulum ini mampu menggabungkan pendidikan agama dengan pendidikan formal secara seimbang. Para peserta didik tidak hanya mendapatkan pengetahuan agama yang mendalam, tetapi juga memperoleh keterampilan akademik dan kehidupan sehari-hari yang dibutuhkan dalam menghadapi tantangan masa depan, (2) Pengorganisasian Kurikulum Berbasis Pesantren di MTs Syamsuddin Salah satunya adalah pendekatan pesantren yang diterapkan dalam pengajaran dan pembelajaran. Dalam kurikulum ini, penekanan diberikan pada pendidikan agama Islam yang mendalam dan pengembangan akhlak mulia. Peserta didik diberikan pengetahuan agama yang komprehensif serta diberi kesempatan untuk mengembangkan karakter dan kepribadian yang baik. (3) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Pesantren di MTs Syamsuddin Dalam pelaksanaan kurikulum ini, pendidikan agama Islam ditekankan dengan memberikan pengetahuan agama yang komprehensif kepada peserta didik. Selain itu, peserta didik juga diberikan pemahaman yang baik mengenai nilai-nilai moral dan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari (4) Pengendalian Kurikulum Berbasis Pesantren di MTs Syamsuddin melibatkan berbagai aspek penting dalam memastikan bahwa kurikulum yang diimplementasikan sesuai dengan tujuan pendidikan yang diinginkan. Dalam pengendalian ini, dilakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala terhadap pelaksanaan kurikulum, termasuk proses pembelajaran, penilaian, dan pengembangan program Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Madrasah, Berbasis Pesantren.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:53
Last Modified: 14 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73335

Actions (login required)

View Item View Item