Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Implementasi Program Akselerasi Tahfidz dalam Penguatan Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Di SDIT Fajar Ilahi dan SMPIT Fajar Ilahi Batu Aji Batam Kepulauan Riau)

Agus Sholichin, - (2023) Implementasi Program Akselerasi Tahfidz dalam Penguatan Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Di SDIT Fajar Ilahi dan SMPIT Fajar Ilahi Batu Aji Batam Kepulauan Riau). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (Tesis lengkap kecuali Bab IV dan V)
Tesis _ Implementasi Program AT_ Agus SHolichin tanpa bab iv dan v.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAb IV dan V ok.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Agus Sholichin (2023) : Implementasi Program Akselerasi Tahfidz dalam Penguatan Disiplin Siswa Pada Masa Pandemi (Studi Kasus Di SDIT Fajar Ilahi dan SMPIT Fajar Ilahi Batu Aji Batam Kepulauan Riau) Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan kedisiplinan siswa pada masa pandemic pada masa belajar online. Setelah pembelajaran tatap muka diterapkan kembali, muncul harapan bahwa kedisiplinan siswa akan kembali seperti semula. Tetapi ketidakdisiplinan telah menjadi kebiasaaan bagi siswa. Maka sekolah berupaya meningkatkan kembali kedisiplinan dengan mengaktifkan kembali Program Akselerasi tahfidz Al-Qur’an . Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Program Akselerasi tahfidz Al-Qur’an sebagai bagian dari penguatan Kedisiplinan Siswa pada masa pandemi di Sekolah Dasar Islam Terpadu dan Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Fajar Ilahi di Kecamatan Batu Aji Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi . Dalam menganalisa data, penulisan menggunakan metode analisa kualitatif, artinya penelitian ini dapat menghasilkan data deskriptif yang berupa katakata tertulis atau lisan dari individu dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program akselerasi tahfidz Al-Quran terbagi menjadi 3 kegiatan yaitu dasar dari pelaksanaan atau perencanaan, kegiatan pelaksanaan program, kegiatan evaluasi. Selain melalui program akselerasi tahfidz Al-Qur’an, sekolah juga mengupayakan hal-hal yang lain untuk menguatkan kedisiplinan siswa seperti mengaktifkan kembali program ekstrakurikuler, penegakan aturan sekolah melalui sistem poin pelanggaran, mendorong keaktifan guru piket yang dibentuk untuk mengawasi dan mengarahkan siswa saat beristirahat ataupun saat beribadah, menggalakkan kembali pembiasaan pembiasan yang baik yang termasuk budaya sekolah seperti mengucapkan salam, LISA (lihat sampah, ambil dan buang ke tempat sampah), berbaris di awal masuk kelas, melaksanakan dzikir pagi dan murajaah di awal pembelajaran Kata kunci : Program Akselerasi, Tahfidz, Kedisiplinan Siswa

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jul 2023 03:05
Last Modified: 27 Jul 2023 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73329

Actions (login required)

View Item View Item