Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTs

INDAH PURNAMA, - (2023) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
Text (KECUALI BAB IV)
TANPA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah Purnama, (2023): Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan Sefl confidence siswa SMP/MTs Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di MTs Fadhilah Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis jika berdasarkan self confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial experiment design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII MTs Fadhilah Pekanbaru. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self confidence, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan pendekatan Open-Ended dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self confidence tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan open-ended dengan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa pendekatan Open-Ended berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self confidence siswa MTs Fadhilah Pekanbaru Kata kunci: Pendekatan Open-Ended, Kemampuan pemecahan masalah matematis, self confidence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:15
Last Modified: 14 Jul 2023 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73318

Actions (login required)

View Item View Item