Muhammad Fadly Alhadi,, - (2023) Korelasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Partisipasi dalam Pelaksanaan Program Keagamaan dengan Perilaku Beragama Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
TANPA BAB IV.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
Abstract
ABSTRAK Muhammad Fadly Alhadi, (2023): Korelasi Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam dan Partisipasi dalam Pelaksanaan Program Keagamaan dengan Perilaku Beragama Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan partisipasi dalam pelaksanaan program keagamaan dengan perilaku beragama siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru sebanyak 283 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi linier dan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam memiliki korelasi yang signifikan dengan perilaku beragama siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,687 > 0,113) dengan nilai dignifikansi 0,000 < 0,005, dengan besar kontribusi 47,2%. Partisipasi siswa dalam pelaksanaan program keagamaan memiliki korelasi yang signfikan dengan perilaku beragama siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan hasil r hitung lebih besar dari r tabel (0,643 > 0,113) dengan nilai dignifikansi 0,000 < 0,005, dengan besar kontribusi 41,3%. Terdapat korelasi yang signifikan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan partisipasi siswa dalam pelaksanaan program keagamaan secara simultan dengan perilaku beragama siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Lima Puluh Kota Pekanbaru. Hal ini ditunjukkan dengan F hitung > F tabel (147,787 > 3,04), dengan besar kontribusi 51,4%. Ini berarti sumbangan variabel independen terhadap variabel dependen sebesar 51,4%. Kata Kunci: Prestasi belajar, Partisipasi Pelaksanaan Program Keagamaan, dan Perilaku Beragama
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | pps - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 04:01 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 04:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73316 |
Actions (login required)
View Item |