Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TAX MINIMIZATION SEBAGAI MODERASI PADA PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN DEBT CONVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)

AKROMUN NISA’, - (2023) TAX MINIMIZATION SEBAGAI MODERASI PADA PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN DEBT CONVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltian (bab iv).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penelitian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (673kB)

Abstract

AKROMUN NISA’ (2023) : TAX MINIMIZATION SEBAGAI MODERASI PADA PENGARUH TUNNELING INCENTIVE, MEKANISME BONUS, DAN DEBT CONVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur di Sektor Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021) Penelitian ini bertujuan untuk menguji tax minimization sebagai moderasi pada pengaruh tunneling incentive, mekanisme bonus, dan debt convenant. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari periode 2019 hingga 2021. Dalam penelitian ini tunneling incentive diukur melalui jumlah kepemilikan asing persentase jumlah saham beredar , Mekanisme Bonus diukur strategi laba bersih tahun t dengan INTRENLB, Debt Convenant diukur strategi utang dengan DER, Transfer Pricing diukur strategi piutang pihak berelasi dengan DER, dan Tax Minimization diukur strategi beban pajak dengan presentase laba kena pajak. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 12 perusahaan dengan 36 unit penelitian. Metode analisis data menggunakan analisis regresi data panel dengan bantuan Eviews 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tunneling incentive berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing, mekanisme bonus berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing, dan debt convenant berpengaruh signifikan terhadap transfer pricing. Sehingga tax minimization mampu memoderasi hubungan antara tunneling incentive, mekanisme bonus terhadap transfer pricing, sedangkan tax minimization tidak mampu memoderasi debt convenant. Untuk hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa tunneling incentive dengan tax minimization dan mekanisme bonus dengan tax minimization, berpengaruh signifikan secara simultan terhadap transfer pricing. Kata Kunci : Transfer Pricing, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Debt Convenant, Tax Minimization

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:07
Last Modified: 14 Jul 2023 02:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73314

Actions (login required)

View Item View Item