Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

SUSI AYU ANITA, - (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN SIGIL SOFTWARE BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (KECUALI BAB IV)
tanpa.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Susi Ayu Anita (2023): Pengembangan E-Modul Menggunakan Sigil Software Berbasis Discovery Learning untuk Menfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-modul menggunakan sigil software berbasis discovery learning untuk menfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa SMP/MTs yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 23 Pekanbaru pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Subyek penelitian adalah validator dan siswa kelas VIII SMP 23 Pekanbaru. Objek penelitian ini berupa e-modul menggunakan Sigil Software berbasis Discovery Learning pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar posttest. Data yang diperoleh akan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas e-modul menggunakan sigil software berbasis discovery learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan persentase 90,75%. Sangat praktis untuk kelompok kecil dengan persentase 85,78% dan sangat praktis untuk kelompok terbatas dengan persentase 93,56%. Selanjutnya untuk efektifitas e-modul diperoleh thitung≥ trabel yaitu 3,17 ≥ 1,67 dengan dk = 58 serta menggunakan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga H, diterima yang artinya terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan rata-rata hasil tes kelas eksperimen 88,83 lebih tinggi dari rata-rata hasil kelas kontrol 75,40. Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan sudah dapat dikatakan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, E-Modul, Sigil Software, Discovery Learning, Кетатриап Коneksi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:57
Last Modified: 14 Jul 2023 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73312

Actions (login required)

View Item View Item