PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD- TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS DAREL HIKMAH PEKANBARU

Siti Suhartina, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED- HEAD- TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS DAREL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011218.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Penelitian Ini Dilatar Belakangi Oleh Rendahnya Hasil Belajar Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab.Rumusan Masalah Dalam Penelitian Ini Adalah Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTS Darel Hikmah. Subjek Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas VIII B di Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru.Sedangkan Objek Dari Penelitian Adalah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas VIII B Di Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Apakah Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII B di Pondok Pesantren Darel Hikmah Pekanbaru. Adapun Teknik Pengumpulan Data Yang Peneliti Gunakan Adalah Observasi Dan Tes. Dalam Menganalisa Data Penulis Menggunakan Rumus: Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas,Agar Penelitian Ini Berhasil Dengan Baik Tanpa Hambatan Yang Mengganggu Kelancaran Penelitian.Peneliti Menyusun Tahapan-Tahapan Yang dilalui Dalam Penelitian Tindakan Kelas, Yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Berhasilnya Penerepan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT,diketahui Dari Adanya Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Pada Setiap Siklusnya.Siklus I Hasil Belajar Siswa Kelas VIII B 63,33 % Dengan Katagori "Cukup". Pada Siklus II Hasil Belajar Siswa Meningkat Dengan Persentase 70,00 % Dengan Katagori "Cukup". Setelah Diadakan Perbaikan Proses Pembelajaran Pada Siklus III Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Mengalami Peningkatan Yang Memuaskan Dengan Persentase 76,66 % Dengan Katagori "Tinggi" Karena Berada Dalam Rentang 76-100%. Jadi Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Penerapan Pembelajaran Koopertif Tipe NHT Dapat Meninggkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII B Darel Hikmah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/733

Actions (login required)

View Item View Item