Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT MELALUI PROGRAM BEASISWA TAHFIDZ DI INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN RIAU KOTA PEKANBARU

Nurhasanah, Nurhasanah (2023) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT MELALUI PROGRAM BEASISWA TAHFIDZ DI INISIATIF ZAKAT INDONESIA PERWAKILAN RIAU KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengelolaan zakat melalui program beasiswa tahfidz. Seperti yang diketahui bahwa banyak masyarakat di daerah pekanbaru yang membutuhkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pada perguruan tinggi. Maka lembaga IZI membuat suatu program bagi mahasiswa yang terkendala dibidang ekonomi dengan cara memberikan beasiswa melalui program tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Efektifitas Pengelolaan Zakat Melalui Program Beasiswa Tahfidz di IZI Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari 7 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling, diantaranya ialah 4 orang informan kunci yang merupakan staf IZI dan 3 orang merupakan informan tambahan yaitu mahasiswa penerima program. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian efektivitas pengelolaan zakat melalui program beasiswa tahfidz di IZI Pekanbaru dapat dikatakan sudah efektif, Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator efektivitas program yang meliputi: (1) Ketepatan sasaran program yang ditujukan kepada mahasiswa berdasarkan persyaratan tertentu seperti berasal dari kalangan fakir miskin, berkomitmen menyelesaikan hafalan Al-Qur’an minimal 6 Juz dalam waktu 3 tahun, dan melalui tahapan penyeleksian sudah tepat sasaran (2) Sosialisasi program yang ditujukan kepada mustahiq dan muzakki melalui sosial media ataupun secara langsung sudah berjalan cukup efektif (3) Pencapaian tujuan Program dapat dikatakan sudah efektif karena sudah sesuai dengan yang diharapkan dan mahasiswa mampu menjalankan setiap kegiatan yang ada dengan baik (4) Pemantauan program yang dilakukan oleh Pihak IZI bagian Pendayagunaan dan pengawas asrama sudah berjalan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pengelolaan Zakat, Program Tahfidz
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:26
Last Modified: 17 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73299

Actions (login required)

View Item View Item