Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PERMAINAN GAME BABY PUZZLE BERBASIS IPTEK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TAHFIDZ BAITI JANNATI MARPOYAN DAMAI PEKANBARU

FITRIA, - (2023) PENGARUH PERMAINAN GAME BABY PUZZLE BERBASIS IPTEK TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM TAHFIDZ BAITI JANNATI MARPOYAN DAMAI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV FITRIA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV FITRIA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fitria, (2023) : Pengaruh Permainan Game Baby Puzzle Berbasis Iptek terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Tahfidz Baiti Jannati Marpoyan Damai Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konsentrasi anak di TK Islam Tahfidz Baiti Jannati Marpoyan Damai Pekanbaru yang masih kurang dalam proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Game Baby Puzzle Berbasis Iptek terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Tahfidz Baiti Jannati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Pre-eksperimental design tipe one group pretest-posttest. Subjek penelitian ini yaitu guru dan anak yang berusia 5-6 Tahun di TK Islam Tahfidz Baiti Jannati. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Permainan Game Baby Puzzle Berbasis Iptek terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Islam Tahfidz Baiti Jannati Marpoyan Damai Pekanbaru. Populasi terdiri atas 15 orang anak kelas B, sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik sampling jenuh yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, tes lisan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan paired sample t-test dengan bantuan program SPPS Windows ver.26. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa uji signifikan perbedaan ini dengan t statistic pada kelas eksperimen diperoleh t hitung = 17,711 dengan sig = 0,00. Karena nilai sig < 0,05 berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa tingkat konsentrasi anak dengan media pembelajaran Game Baby Puzzle pada anak saat posttest sudah mengalami peningkatan. Hal ini membuktikan pemberian perlakuan pada penerapan Game Baby Puzzle dapat meningkatkan konsentrasi pada anak. Kata Kunci : Game Baby Puzzle, Konsentrasi Belajar, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:09
Last Modified: 17 Jul 2023 02:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73276

Actions (login required)

View Item View Item