Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD IT INSAN MADANI PEKANBARU

SUCI MILA SUSANTI, - (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD IT INSAN MADANI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Suci Mila Susanti, (2022) : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD IT Insan Madani Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan pendekatan Kontekstual yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD IT Insan Madani Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 11 orang siswa kelas IV SD IT Insan Madani Pekanbaru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa sebelum tindakan tergolong sangat rendah. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan pendekatan Kontekstual. Berdasarkan hasil tes rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I tergolong rendah. Dengan hasil kemampuan berpikir kritis siswa kategori sangat rendah ada sebanyak 2 siswa atau 18,18%, pada kategori rendah” ada sebanyak 5 siswa atau 45,45% , pada kategori “cukup” ada 3 siswa atau 27,27%, pada kategori tinggi ada 1 siswa atau 9,09%. Berdasarkan hasil tes rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus II tergolong tinggi. Dengan hasil kemampuan berpikir kritis siswa kategori rendah hanya ada 1 siswa atau 9,09%, pada kategori cukup ada 3 siswa atau 27,27%, pada kategori “tinggi ada 6 siswa atau 54,54%, dan pada kategori sangat tinggi ada 1 siswa atau 9,09%. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan Kontekstual mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV D SD IT Insan Madani. Penerapan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis diterapkan dengan membentuk kelompok kecil, siswa diberi kesempatan menyelesaikan masalah kontekstual yang relevan dengan kemampuan berpikir kritis siswa, kelompok siswa diberi kesempatan untuk mempresentasekan hasil dan kelompok lain diberi kesempatan bertanya, dan guru melakukan assesment autentik. Kata kunci : Pendekatan Konrtekstual , Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:59
Last Modified: 17 Jul 2023 03:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73260

Actions (login required)

View Item View Item