Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS

VANI RAHMAYANI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI MATRIKS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI VANI RAHMAYANI.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Vani Rahmayani, (2023): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Brain Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Matriks Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan Brain Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMA Negeri 12 Pekanbaru dengan subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 12 Pekanbaru. Sampel penelitian adalah kelas XI IPS 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (89,02%) dan sangat praktis untuk kelompok kecil (88,24%) dan untuk kelompok besar (87,20%). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh sebesar 4,47 dengan dk=58 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa kelas eksperimen dengan nilai ratarata postes 86,93 dan siswa kelas kontrol dengan nilai rata-rata postes 77,5. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning ini telah valid, praktis, efektif dan memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi matriks. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Brain Based Learning, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:46
Last Modified: 17 Jul 2023 03:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73246

Actions (login required)

View Item View Item