Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS OPEN-ENDED PADA MATERI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs

RIYANTI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS OPEN-ENDED PADA MATERI ALJABAR UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIYANTI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Riyanti, (2023) : Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Open-Ended pada Materi Aljabar untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Open-Ended pada materi aljabar untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII, ahli teknologi pendidikan dan ahli materi pembelajaran. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis Open-Ended pada materi aljabar untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli teknologi pendidikan, lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, angket respon siswa, dan soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskiptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis Open-Ended untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (83,41%) dan sangat praktis (91,89% untuk kelompok kecil dan 89,46% untuk kelompok besar). Serta sudah efektif untuk digunakan, hal ini ditunjukkan oleh nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:13
Last Modified: 17 Jul 2023 03:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73245

Actions (login required)

View Item View Item