Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MAN PEKANBARU

RARA RAHAYU, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN SELF EFFICACY SISWA MAN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rara Rahayu (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa MAN Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis jika berdasarkan self efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 3 Kota Pekanbaru tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, angket, dan observasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket self efficacy dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang dan rendah, 3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan self efficacy siswa. Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:32
Last Modified: 14 Jul 2023 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73244

Actions (login required)

View Item View Item