Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN ERA PANDEMI COVID 19 DI SMPIT ULIL ALBAB BATAM

Yukendra, - (2023) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR'AN ERA PANDEMI COVID 19 DI SMPIT ULIL ALBAB BATAM. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS UNTUK REVOSITORY TANPA BAB 4-5.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
TESIS BAB IV- V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Problematika Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Era Pandemi Covid 19 di SMPIT Ulil Albab Batam. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, koordinator Al-Qur’an, guru Al-Qur’an dan peserta didik di SMPIT Ulil Albab Batam. Kemudian data yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis data kualiatatif. Hasil penelitian, Pertama, Permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an di SMPIT Ulil Albab Batam yaitu susah membagi waktu untuk menghafal Al-Qur’an dan memuraja’ah hafalannya di rumah. Padatnya jadwal pelajaran di sekolah dan banyaknya tugas di rumah (PR) yang diberikan oleh guru, sehingga peserta didik menjadi capek dan kewalahan. Merasa bosan dan malas sehingga memilih main game di hp-nya sampai lupa waktu. Kedua, Tantangan guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yaitu kemampuan siswa dalam menghafal Al-Qur’an yang beragam. Input siswa yang diterima di SMPIT Ulil Albab Batam lebih 40 dari 102 siswa masih bermasalah dengan tahsinnya. Kurangnya kerjasama dan motivasi dari orangtua di rumah, padatnya jadwal belajar dan banyaknya mata pelajaran di SMPIT Ulil Albab Batam. Ketiga, Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran tahfidz Al-Qur'an di SMPIT Ulil Albab Batam diantaranya; Faktor Internal peseta didik adalah malas, susah mengatur waktu dan kurangnya memuroja’ah dan menghafal Al-Qur’an di rumah. Keempat, Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di SMPIT Ulil Albab Batam adalah metode ummi, wahdah, muraja’ah, dan talaqqi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:04
Last Modified: 27 Jul 2023 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73225

Actions (login required)

View Item View Item