Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINDAK TUTUR KOMISIF PADA FILM “KKN DESA PENARI” KARYA MANOJ PUNJABI DALAM KAJIAN PRAGMATIK SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X

INTAN OCTARIA HASANAH, - (2023) ANALISIS TINDAK TUTUR KOMISIF PADA FILM “KKN DESA PENARI” KARYA MANOJ PUNJABI DALAM KAJIAN PRAGMATIK SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenlitian (bab iv).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penelitian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (736kB)

Abstract

INTAN OCTARIA HASANAH (2023) : ANALISIS TINDAK TUTUR KOMISIF PADA FILM “KKN DESA PENARI” KARYA MANOJ PUNJABI DALAM KAJIAN PRAGMATIK SERTA RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X ' Penelitian ini berjudul “Analisis Tindak Tutur Komisif pada Film “KKN Desa Penari” Kajian Pragmatik dan Relevansinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X”. Penelitian ini memiliki 2 tujuan, bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Bentuk tuturan komisif, (2) Relevansi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X yang terdapat dalam film KKN Desa Penari sutradara Awi Suryadi. Penelitian ini termasuk penelitian pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik simak. Teknik analisis data yang digunakan menonton, menyimak, mencatat, penomoran, diklasifikasikan. Bentuk tindak tutur komisif dalam penelitian ini berjumlah 101 data bentuk tindak tutur komisif dalam penelitian ini, 1 bentuk tuturan berniat, 5 bentuk tuturan berjanji, 3 bentuk tuturan bersumpah, 54 bentuk tuturan menegaskan, 31 bentuk tuturan menawarkan, 3 bentuk tuturan berdo‟a, 4 bentuk tuturan melarang. Tindak tutur komisif dalam film KKN Desa Penari ini memiliki relevansi dengan pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X yaitu materi teks negosiasi pada KD.3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tertulis. Kata kunci: Tindak Tutur Komisif, dan Relevansi dalam Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:58
Last Modified: 17 Jul 2023 05:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73219

Actions (login required)

View Item View Item