Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP

MIFTA OKTARIANTI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIFTA OKTARIANTI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mifta Oktarianti, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Penelitian ini didasari dari observasi awal mengenai rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di SMP Negeri 2 Inuman. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yaitu factorial design. Populasi pada penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 2 Inuman. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis, angket minat belajar, lembar observasi dan foto dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran SAVI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran saintifik. 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memiliki minat belajar tinggi, sedang dan rendah. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran SAVI dengan minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian secara umum dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari minat belajar siswa SMP Negeri 2 Inuman. Kata kunci: Model Pembelajaran SAVI, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:36
Last Modified: 14 Jul 2023 02:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73218

Actions (login required)

View Item View Item