Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS STRUKTUR TEKS EDITORIAL PADA TAJUK RENCANA RIAU POS SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XII SMA

RENI KUSUMA WARDANI, - (2023) ANALISIS STRUKTUR TEKS EDITORIAL PADA TAJUK RENCANA RIAU POS SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XII SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILR LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV)..pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE HASIL PENENLTIAN (BAB IV).pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

RENI KUSUMA WARDANI (2023) ; ANALISIS STRUKTUR TEKS EDITORIAL PADA TAJUK RENCANA RIAU POS SEBAGAI ALTERNATIF MATERI AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS XII SMA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Struktur Teks Editorial pada Tajuk Rencana Riau Pos Edisi November dan Desember 2022 untuk dijadikan sebagai Alternatif Materi Ajar Bahasa Indonesia kelas XII SMA. Metode penelitian yaitu deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang gunakan pada penelitian ini berupa kalimat, paragraf, dan wacana. Sedangkan objek penelitian yaitu Struktur Teks Editorial Pada Tajuk Rencana Riau Pos Edisi November dan Desember 2022. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Struktur teks editorial pada tajuk rencana riau pos edisi November dan Desember 2022 terdapat tiga struktur, yang pertama pengenalan isu, kedua argumentasi, dan ketiga penegasan ulang atau kesimpulan. Tajuk rencana riau pos ini meliputi unsur fakta, contoh-contoh, insiden, dan sebab akibat. Unsur tersebut berfungsi untuk mencipakan kepaduan bentuk serta makna didalam wacana. Tajuk rencana riau pos ini berkaitan dengan pembahasan ekonomi, sosial dan politik sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. (2) Hasil Analisis Struktur Teks Editorial Pada Tajuk Rencana Riau Pos ini diimpikasikan sebagai materi ajar bahasa Indonesia sesuai dengan kurikulum 2013 kelas XII semester 1 dengan KD 3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial. Materi ajar teks editorial pada tajuk rencana riau pos sudah dibuat penilaian oleh validator atau ahli guru bahasa Indonesia bahwa materi ajar tersebut layak digunakan sebagai materi ajar di kelas XII SMA. Kata Kunci: Analisis, Teks Editorial, Surat Kabar, Materi Ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:33
Last Modified: 17 Jul 2023 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73210

Actions (login required)

View Item View Item