Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) DALAM NOVEL “NONVERSATION” KARYA VALERIE PATKAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

RARA AMELIA, - (2023) ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) DALAM NOVEL “NONVERSATION” KARYA VALERIE PATKAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltian (bab iv).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

RARA AMELIA (2023) : ANALISIS ALIH KODE DAN CAMPUR KODE (KAJIAN SOSIOLINGUISTIK) DALAM NOVEL “NONVERSATION” KARYA VALERIE PATKAR DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA Alih kode dan campur kode merupakan salah satu akibat dari fenomena bilingualisme. Fenomena ini sudah menjadi tren bahasa gaul di kalangan remaja bahkan dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk alih kode dan campur kode serta penyebab munculnya dalam karya sastra, yaitu novel. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah dialog-dialog antar tokoh dengan sumber data adalah novel Nonversation karya Valerie Patkar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi dokumentasi dengan teknik baca dan teknik pencatatan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat 1 bentuk alih kode internal, 42 alih kode eksternal, 8 campur kode internal dan 29 campur kode eksternal. 2) Penyebab kemunculan alih kode adalah penutur, lawan tutur, dan berubahnya topik pembicaraan. Penyebab kemunculan campur kode adalah keterbatasan penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, pembicara atau pribadi pembicara, mitra bicara, dan topik. 3) Implementasi penelitian ini dapat digunakan oleh guru sebagai materi ajar untuk meningkatkan kemampuan peserta didik mempelajari bahasa Indonesia khususnya KD 3.19 dan KD 4.19 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton dan mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan yang dituangkan ke dalam RPP. Hal ini dimaksudkan untuk membantu siswa kelas XI SMA dalam memahami materi drama. Kata Kunci: Sosiolinguistik, alih kode, campur kode, implementasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:35
Last Modified: 14 Jul 2023 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73207

Actions (login required)

View Item View Item