NUR AINI SAPUTRI, - (2023) ANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA “KERAJAAN BURUNG” KARYA SAINI KM SERTA RELEVANSINYA DENGAN SILABUS BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bba iv).pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file hail penenltiian (bab iv).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (905kB) |
Abstract
NUR AINI SAPUTRI (2023) : ANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA “KERAJAAN BURUNG” KARYA SAINI KM SERTA RELEVANSINYA DENGAN SILABUS BAHASA INDONESIA DI SMP Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tema, alur, penokohan, latar (setting) dan amanat dalam drama Kerajaan Burung karya Saini KM dan relevansi analisis unsur intrinsik drama Kerajaan Burung karya Saini KM dengan Silabus Bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yaitu menganalisis unsur intrinsik tema, alur, penokohan, latar (setting) dan amanat, mengaitkan analisis unsur intrinsik dengan Silabus Bahasa Indonesia di SMP dan menyimpulkan hasil penelitian. Hasil temuan data pada penelitian ini adalah 4 data tema, 7 data alur, 10 data penokohan, 37 data latar (setting) dan 3 data amanat yang saling berkaitan dan membangun cerita. analisis unsur intrinsik drama Kerajaan Burung ini sangat relevan dengan Silabus Bahasa Indonesia di SMP yaitu di kelas VIII dengan KD 3.15 Mengidentifikasi unsurunsur drama (tradisional dan modern) yang disajikan dalam bentuk pentas atau naskah. Dengan Indikator 3.15.2 Menganalisis unsur-unsur teks drama. Kata kunci: Unsur Intrinsik, Drama, Relevansi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jul 2023 02:25 |
Last Modified: | 14 Jul 2023 02:25 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73200 |
Actions (login required)
View Item |