Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENULISAN PREFIKS PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TUALANG: KAJIAN MORFOFONEMIK

CLARA VERONICA, - (2023) ANALISIS PENULISAN PREFIKS PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TUALANG: KAJIAN MORFOFONEMIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file lengkap kecuali hasil penenltiian (bab iv).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)

Abstract

CLARA VERONICA (2023) ;ANALISIS PENULISAN PREFIKS PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 TUALANG: KAJIAN MORFOFONEMIK Pentingnya penulisan prefiks pada sebuah kata dapat menghasilkan makna baru sehingga kalimat menjadi efektif. Penelitian ini dilatarbelakangi karena dalam membuat sebuah karangan siswa terkadang tidak mengetahui karangan yang ditulis berisi jenis prefiks apa dan bagaimana ragam bentuknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penulisan prefiks ditinjau dari morfofonemik dan mendeskripsikan makna gramatikal kata berprefiks yang ditemukan pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tualang. Penelitian ini menggunakan teori Abdul Chaer yakni prefiks tinjauan morfofonermik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 173 ketepatan penulisan prefiks dan 1 kesalahan penulisan prefiks ditinjau dari morfofonemik dalam 26 karangan deskripsi siswa, antara lain: (1) Penambahan fonem, terdapat 52 ketepatan pada prefiks me-. (2) Pelesapan fonem, terdapat 11 ketepatan pelesapan fonem /r/ pada prefiks ber-, me-, dan ter-, serta 1 kesalahan pelesapan fonem prefiks ter-. (3) Peluluhan fonem, terdapat 27 ketepatan pada kata dasar /s/ menjadi /ny/, dasar /p/ menjadi /m/, dasar /t/ menjadi /n/, dan /k/ menjadi /ng/ pada prefiks me- dan pe-. (4) Perubahan fonem, terdapat 5 ketepatan yaitu perubahan fonem /r/ menjadi /l/ pada prefiks ber-. (5) Pengekalan fonem, terdapat 78 ketepatan pada prefiks ber-, me-, pe-, dan ter-. Makna yang paling dominan muncul adalah makna “melakukan” yaitu pada prefiks ber- dan me-. Hasil penulisan dapat menjadi sumber pencerahan bagi pengajar bahasa Indonesia bahwa pentingnya penulisan prefiks telah melahirkan pemikiran bagi kita semua untuk dapat mengajarkan prefiks dengan metode yang pas, sehingga materi ini bisa dikuasai oleh siswa. Kata Kunci: Kesalahan, Ketepatan, Morfofonemik, Prefiks

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:34
Last Modified: 14 Jul 2023 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73195

Actions (login required)

View Item View Item