Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI SOSIAL DALAM NOVEL MENUNDA KEKALAHAN KARYATODUNG MULYA LUBIS TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA

INDAH SARI, - (2023) NILAI SOSIAL DALAM NOVEL MENUNDA KEKALAHAN KARYATODUNG MULYA LUBIS TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
file elngkap kecuali hasil penelitian (bab iv).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
file hasil penneltiian (bab iv).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)

Abstract

INDAH SARI (2023) : NILAI SOSIAL DALAM NOVEL MENUNDA KEKALAHAN KARYATODUNG MULYA LUBIS TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMA Dewasa ini masih banyak siswa yang belum menyadari pentingnya memahami nilai-nilai sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai sosial dalam novel Menunda Kekalahan karya Todung Mulya Lubis dan mengimplementasikan hasil penelitian ini terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumenatasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kutipan yang ada di dalam novel Menunda Kekalahan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 3 nilai sosial, yang pertama nilai Sosial Moral ditandai dengan 35 kutipan yang terdiri dari 8 nilai sosial moral adil, 8 nilai sosial moral sopan santun, 8 nilai sosial moral sabar, dan 11 nilai sosial moral jujur. Kedua nilai Sosial Religius ditandai dengan 12 kutipan di dalam novel. Ketiga nilai Sosial Vital ditandai dengan 17 kutipan yang terdiri dari 10 nilai sosial keahlian, dan 7 nilai sosial ilmu pengetahuan. Nilai sosial yang ada di dalam novel Menunda Kekalahan karya Todung Mulya Lubis dapat diajarkan oleh Guru Bahasa Indonesia dalam pembelajaran pada tingkat SMA kelas XI semester 1 khususnya pada kompetensi dasar 3.11 yaitu menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca. Kata kunci: Sosiologi sastra, Nilai sosial, Novel menunda kekalahan, Implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:17
Last Modified: 14 Jul 2023 07:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73192

Actions (login required)

View Item View Item