Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KESADARAN HUKUM MASYARAKAT TERHADAP PENDAFTARAN TANAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR)

SELA, - (2023) KESADARAN HUKUM MASYARAKAT TERHADAP PENDAFTARAN TANAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SELA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK SELA, 2023: KESADARAN HUKUM MASYARAKAT TERHADAP PENDAFTARAN TANAH (STUDI KASUS DI KELURAHAN PASIR SIALANG KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR) Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih adanya masyarakat yang belum memiliki surat tanah di Kelurahan Pasir Sialang, sebagaimana tanah di Indonesia harus didaftarkan perintah ini sesuai dengan Pasal 87 Ayat (1) dan (2) Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2021 tentang pendaftaran tanah. Kenyataannya masih banyak warga Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar yang belum mendaftarkan tanahnya, tidak terdaftarnyanya tanah hak milik masyarakat ini dapat berakibat tidak pastinya kepemilikan, luas tanah, dan batas-batasnya, tidak terdaftarnya tanah akan dapat menyebabkan sengketa baru dikemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran hukum masyarakat terhadap pendaftaran tanah, dan faktor-faktor penghambat masyarakat untuk mendaftarkan tanahnya di Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Serta manfaat penelitian ini untuk mengetahui kesadaran hukum masyarakat terhadap pendaftaran tanah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2021 tentang pendaftaran tanah. Penelitian ini menggunakan metode hukum sosiologis, dengan pendekatan penelitian pelaksanaan hukum. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu primer dan sekunder. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan penarikan kesimpulan induktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesadaran hukum masyarakat terhadap pendaftaran tanah di Kelurahan Pasir Sialang Kecamatan Bangkinang kabupaten Kampar masih belum berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang ada di Kelurahan Pasir Sialang yang belum memiliki surat tanah. Adapun faktor penghambat pendaftaran tanah datang dari Faktor internal dan eksternal. Yang mana Faktor internal meliputi kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengurus surat tanah ke pihak yang berwenang, perekonomian masyarakat yang belum stabil, permasalahan lahan tanah, pendaftaran yang mana memberatkan, masih ditemukan nya masyarakat yang buta huruf, serta minimnya pengetahuan masyarakat terkait sertifikat tanah. Kemudian faktor eksternal meliputi sosialisasi yang dilakukan oleh badan pertanahan Nasional kabupaten Kampar belum sampai ke masyarakat, serta tingkat kemajuan dari daerah yang ditempati masih rendah. Kata Kunci: Kesadaran Hukum Masyarakat, kabupaten Kampar, pendaftaran tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:53
Last Modified: 14 Jul 2023 02:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73180

Actions (login required)

View Item View Item