Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs

FEBIANA ALMANDA, - (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FEBIANA ALMANDA.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Febiana Almanda, (2023) : Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama yang menggunakan penerapan pendekatan Blended Learning. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 25 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes yang berupa soal tes Pretest dan soal Posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data menggunakan uji t ( “t” test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Blended Learning dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. (2) Terdapat perbedaan peningkatan dari penerapan pendekatan Blended Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah menengah pertama. Berdasarkan nilai rata-rata posttest siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Kata Kunci: Pendekatan Blended Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:56
Last Modified: 14 Jul 2023 07:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73167

Actions (login required)

View Item View Item