Fadly Hanafi, - (2023) Analisis Perancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM di UMKM Pempek Lenlin. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6 (1). pp. 533-539. ISSN 2614-1574
|
Text
FADLY HANAFI 11752100425 - REPOSITORY UIN SUSKA RIAU.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Berawal dari permasalahan yang dialami UMKM Pempek Lenlin, dimana penjualan yang tidak mencapai target yang telah ditetapkan dan tidak memiliki rancanhan strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran pada UMKM ini dengan metode SWOT dan QSPM. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan analisis Strategi Pengembangan Bisnis menggunakan matriks EFE dan IFE, matriks IE, matriks SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini berada pada posisi menengah dalam memanfaatkan factor internal dan eksternal untuk pengembangan bisnis yaitu dengan total IFE 2,961 dan total EFE 2,919. Dalam pemetaan matrix IE menunjukkan bahwa UMKM Pempek Lenlin menggunakan strategi pertahankan dan pelihara. Dari hasil penelitian, didapat tujuh strategi alternative yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan atau mengembangkan bisnis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 08:19 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 08:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73166 |
Actions (login required)
View Item |