Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR KEMBANG BULAN Titonia diversifolia (Hemsl) A. Gray TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL ROSELLA Hibiscus sabdariffa L

DINA BUNGA ISTIANI, - (2023) APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR KEMBANG BULAN Titonia diversifolia (Hemsl) A. Gray TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL ROSELLA Hibiscus sabdariffa L. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR KEMBANG BULAN Titonia diversifolia (Hemsl) A. Gray TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL ROSELLA Hibiscus sabdariffa L. Dina Bunga Istiani (11980224286) Di bawah Bimbingan Bakhendri Solfan dan Irwan Taslapratama INTISARI Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) merupakan tanaman herba anggota dari famili Malvaceae. Di Indonesia biasanya tanaman rosella dibudi dayakan untuk diambil bunganya, tetapi produksi rosella di Indonesia masih di bawah 1 ton. Salah satu cara meningkatkan produktifitas rosella yaitu dengan menambahkan unsur hara ke dalam tanah melalui kegiatan pemupukan dengan pupuk organik kembang bulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kosentrasi pupuk organik cair Kembang Bulan yang tepat untuk meningkatkan hasil dan pertumbuhan rosella (Hibiscus sabdariffa L.). Penelitian ini telah dilaksanakan di Lahan Percobaan dan Laboratorium Agronomi dan Agrostologi Prodi Agroteknologi Fakultas Pertanian dan Perternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pada bulan Desember Sampai Bulan April 2023. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri dari 6 taraf perlakuan yaitu (NPK(sesuai anjuran), POC kembang bulan 200 ml/polybag, POC kembang bulan 225 ml/polybag, POC kembang bulan 250 ml/polybag, POC kembang bulan 275 ml/polybag dan POC kembang bulan 300 ml/polybag. Diulang sebanyak 5 kali. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, jumlah cabang, lebar kanopi, umur muncul bunga, jumlah buah pertanaman, berat buah pertanaman dan berat kelopak tanaman. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pemberian POC kembang bulan dengan dosis 300 ml/polybag memberikan pengaruh nyata terhadap parameter tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, jumlah cabang, lebar kanopi, umur muncul bunga, jumlah buah pertanaman, berat buah pertanaman, dan berat kelopak tanaman. Pemberian perlakuan POC kembang bulan 300 ml/polybag memberikan respon terbaik pada pertumbuhan dan produksi rosella. Kata Kunci: poc kembang bulan, pertumbuhan, produksi, pupuk cair, rosella.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:36
Last Modified: 14 Jul 2023 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73142

Actions (login required)

View Item View Item