Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STEM-PJBL DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI MTSN 3 PEKANBARU

PUTRI INTAN ANGGRAINI, - (2023) PENINGKATAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STEM-PJBL DENGAN PENDEKATAN ETNOSAINS PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI MTSN 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI PUTRI INTAN ANGGRAINI.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri Intan Anggraini (2023) : Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran STEM-PjBL Dengan Pendekatan Etnosains Pada Materi Pemanasan Global Di MTSN 3 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan profil literasi sains siswa yang diberikan perlakuan pembelajaran model STEM-PjBL dengan pendekatan etnosains. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalent control group designs. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII pada Tahun Ajaran (TA) 2022/2023 yang ada di MTs Negeri 3 Pekanbaru. Metode pengambilan sampel yaitu cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Skor literasi sains siswa dianalisis melalui uji Mann Whitney menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan literasi sains siswa pada kelas model STEM-PjBL berbasis etnosains dengan siswa pada kelas yang menggunakan pendekatan saintifik materi pemanasan global. Hal ini ditunjukkan melalui uji Mann Whitney, yakni P. value 0.00 < 0.05. Perolehan skor rata-rata gain pada kelas kontrol adalah 0.16 dengan kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen, skor rata-rata gain adalah 0.34 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model STEMPjBL dengan pendekatan etnosains dapat meningkatkan literasi sains siswa. Kata Kunci : Literasi Sains, Model STEM-PjBL, Pemanasan Global, Pendekatan Etnosains

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:04
Last Modified: 14 Jul 2023 02:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73128

Actions (login required)

View Item View Item