Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI ORIENTASI TAFSIR MAQASIDI PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB (Tela’ah Tafsir Kontemporer tentang Human Trafficking)

MEIZA DEFIRA, - (2023) IMPLEMENTASI ORIENTASI TAFSIR MAQASIDI PERSPEKTIF M. QURAISH SHIHAB (Tela’ah Tafsir Kontemporer tentang Human Trafficking). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (810kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MEIZA DEFIRA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Implementasi Orientasi Tafsir Maqasidi Perspektif M. Quraish Shihab (Tela’ah Tafsir Kontemporer tentang Human Trafficking)”. Di Zaman sekarang banyak terjadi kasus kejahatan yang dikenal dengan Perdagangan Manusia. Human Trafficking atau perdagangan manusia merupakan salah satu bentuk perbudakan modern. Beberapa ayat Al-Qur’an tentang Human Trafficking yang bisa merujuk pada ayat-ayat perbudakan adalah Surah At-Taubah ayat 60 dan An-Nur ayat 33. M. Quraish Shihab menafsirkan ayat ini dalam kitab tafsirnya dengan kondisi yang relevan dengan zaman sekarang. Human Trafficking sebagai bentuk perbudakan zaman sekarang membutuhkan Tafsir Maqasidi untuk mengetahui maqashid atau tujuannya dalam Al-Qur’an. Rumusan masalah yang dipaparkan dalam skripsi ini adalah bagaimana penafsiran Human Trafficking dalam perspektif M. Quraish Shihab dan bagaimana Human Trafficking dalam Al-Qur’an perspektif Tafsir Maqasidi. Penelitian ini menggunakan metode tematik dengan jenis penelitian library research. Adapun hasil temuan dalam skripsi ini adalah. Pertama, Perbudakan dan Human Trafficking dalam Al-Qur’an mengandung substansi yang sama, yakni adanya ketaatan dan ketundukan secara mutlak dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab apapun yang dibebankan oleh tuannya, ketergantungan ekonomi serta terampas dan hilangnya hak-hak individu untuk memperoleh kebebasan. Kedua, dalam Tafsir Maqasidi terdapat nilai-nilai dan aspek-aspek. Nilai-nilai maqasidi dalam kasus Human Trafficking adalah nilai keadilan, kemanusiaan, kesetaraan, dan kebebasan/ tanggung jawab. Aspek-aspek maqasidi dalam kasus Human Trafficking adalah menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga harta, dan menjaga keturunan. Kata Kunci: Human Trafficking, Perbudakan, Tafsir Maqasidi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:26
Last Modified: 14 Jul 2023 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73114

Actions (login required)

View Item View Item