Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU

MASYITAH ZAHIRNI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MASYITAH ZAHIRNI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masyitah Zahirni, (2023): Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SMAN 3 Pekanbaru. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen Design dengan rancangan penelitian Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 359 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 72 orang yang terbagi atas dua kelas yaitu 36 orang kelas eksperimen dan 36 orang kelas kontrol dengan teknik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil belajar ulangan materi sebelumnya mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa di kelas X, sedangkan objek pada penelitian ini adalah proses pelaksanaan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) sebagai usaha meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Hal ini ditunjukkan dengan Thitung > Ttabel baik taraf 5% maupun 1% (2,617>1,666), dan nilai sig. <0,05 (0,011<0,05) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil uji effect size menunjukkan besaran pengaruh penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMAN 3 Pekanbaru adalah 2,40 tergolong besar. Kata kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:08
Last Modified: 13 Jul 2023 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73093

Actions (login required)

View Item View Item