Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN POLSEK BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS DALAM UPAYA PENERTIBAN BALAP LIAR BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

Muhammad Alfurqon, Alfurqon (2023) PERAN POLSEK BARUMUN KABUPATEN PADANG LAWAS DALAM UPAYA PENERTIBAN BALAP LIAR BERDASARKAN UNDANG - UNDANG NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang terdapatnya peran penertiban balap liar yang masih kurang efektif karena masih banyak terdapat balap liar di jalanan umum. Permasalahan penelitian ini adalah mengapa program Polsek Barumun berdasarkan Undang - Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan belum berhasil dalam menertibkan balap liar, apa faktor penghambat pihak kepolisian dalam melaksanakan penertiban berdasarkan undang undang nomor 22 tahun 2009 dan bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap pelaksanaan program Polsek Barumun. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, populasi dari penelitian ini ada 90 orang. Dengan sampel adalah seluruh jumlah populasi. Teknik pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan, polsek barumun kabupaten padang lawas dalam upaya penertiban balap liar berdasarkan undang undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan telah berperan melakukan tugas tugasnya antara lain melakukan patroli, melakukan razia, dan melakukan sosialiasasi sesuai program yang disusun. namun terdapat upaya upaya yang perlu dimaksimalkan seperti penguatan kerja sama dengan seluruh elemen yang secara langsung maupun tidak langsung memiliki terkaitan dengan pembinaan perilaku masyarakat antara lain seperti keterliban tokoh masyarakat, tokoh agama tokoh pemuda dan lain lain. Ditinjau dari fiqih siyasah bahwa peran yang dilakukan oleh pihak kepolisian merupakan tugas mulia karena menyangkut dengan keselamatan jiwa yang mana dalam pandangan islam menjaga keselamatan jiwa merupakan hal yang mendasar sehingga setiap aturan memiliki nilai nilai keselamatan termasuk undang undang ni 22 tahun 2009 tentang lalu lontas dan angkutan jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Penertiban, Balap Liar, Polsek Barumun, Fiqih Siyasah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:42
Last Modified: 13 Jul 2023 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73086

Actions (login required)

View Item View Item