Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN DINAS PARIWISATA DALAM PENINGKATAN FASILITAS DESTINASI WISATA DI PANTAI PANE PADA PERATURAN DAERAH KABUPATEN LINGGA NOMOR 13 TAHUN 2011 MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Fania Sopia, Fania (2023) PERAN DINAS PARIWISATA DALAM PENINGKATAN FASILITAS DESTINASI WISATA DI PANTAI PANE PADA PERATURAN DAERAH KABUPATEN LINGGA NOMOR 13 TAHUN 2011 MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang terdapatnya indikator minimnya fasilitas-fasilitas vital di Pantai Pane, seperti tempat sampah dan toilet umum. Dampaknya, Pantai Pane cenderung tak terjaga kebersihannya. Padahal, sebagaimana yang penulis jelaskan sebelumnya, bahwa pengelolahan setiap objek wisata di Kabupaten Lingga merupakan tanggung jawab pemerintah setempat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Populasi yang digunakan sebanyak 5 orang dan sampel dalam penelitian adalah keseluruhan populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah peran dinas pariwisata dalam peningkatan fasilitas destinasi wisata masih belum optimal karena masih minimnya fasilitas-fasilitas penting di Pantai Pane, seperti tempat sampah dan toilet umum. Menurut Fiqih Siyasah bahwa kebijakan Dinas pariwisata mengembangkan objek wisata dan meningkatkan fasilitas di Pantai Pane yang dilaksanakan oleh pemeritah Kabupaten Lingga merupakan bentuk pelaksanaan dari fiqih siyasah Dusturiyah dan Fiqh Idariyah yaitu hukum yang membahas pengaturan dan perundang-undangan yang dituntut oleh hal ihwal kenegaraan dari segi persesuaian dengan prinsip-prinsip agama dan merupakan realisasi kemaslahatan manusia serta memenuhi kebutuhannya. Berdasarkan penelitian yang telah di laksanakan, penulis mengambil kesimpulan bahwa peran dinas pariwisata dalam peningkatan fasilitas destinasi wisata menurut peraturan daerah Kabupaten Lingga Nomor 13 Tahun 2011 di Pantai Pane menurut perspektif fiqh siyasah termasuk dalam konsep Fiqih Siyasah Dusturiyah dan Idariyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Dinas Pariwisata, Perda Nomor 13 Pasal 29 Fiqh Siyasah Dusturiyah dan Idariyah
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:40
Last Modified: 13 Jul 2023 07:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73083

Actions (login required)

View Item View Item