Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE GUIDED READING BERBANTUAN MEDIA KALENDER CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI ISTIQOMAH PEKANBARU

ANNISA RIYANTI NASUTION, - (2023) PENERAPAN METODE GUIDED READING BERBANTUAN MEDIA KALENDER CERITA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI ISTIQOMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV ANNISA RIYANTI NST.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV ANNISA RIYANTI NST.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Riyanti Nasution, (2023): Penerapan Metode Guided Reading Berbantuan Media Kalender Cerita untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Istiqomah Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode guided reading berbantuan media kalender cerita yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Istiqomah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa dalam menjawab pertanyaan sesuai isi teks bacaan, menyebutkan contoh ide/isi bacaan dalam kehidupan sehari-hari selain yang telah disebutkan dalam teks bacaan, menentukan kata kunci dari setiap paragraf dan menemukan ide pokok dari setiap paragraf. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 13 orang siswa. Dan objek dalam penelitian ini adalah metode guided reading berbantuan media kalender cerita dan keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dekskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan metode guided reading berbantuan media kalender cerita dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Istiqomah Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan perbaikan, keterampilan membaca pemahaman siswa hanya mencapai nilai rata-rata 55,8 dengan kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,9 dengan kategori cukup dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 83,2 dengan kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode guided reading berbantuan media kalender cerita dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas III MI Istiqomah Pekanbaru. Kata Kunci: Metode Guided Reading, Media Kalender Cerita, Keterampilan Membaca Pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:11
Last Modified: 13 Jul 2023 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73075

Actions (login required)

View Item View Item