Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

KHOIRONI NUR AZIZAH, - (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS ETNO-STEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN GERAK KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV KHOIRONI NUR AZIZAH.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV KHOIRONI NUR AZIZAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Khoironi Nur Azizah (2023): Pengembangan LKPD Berbasis Etno-STEM dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Muatan Pembelajaran IPA Materi Gaya dan Gerak Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran di kelas IV MI; 2) Kebutuhan LKPD di kelas IV MI; 3) Spesifikasi LKPD pada pembelajaran IPA dalam materi gaya dan gerak di kelas IV MI; 4) Desain penggunaan LKPD pada pembelajaran IPA dalam materi gaya dan gerak di kelas IV MI; 5) Validitas LKPD pada pembelajaran IPA dalam materi gaya dan gerak di kelas IV MI; 6) Praktikalitas penggunaan LKPD pada pembelajaran IPA dalam materi gaya dan gerak di kelas IV MI; 7) Efektivitas penggunaan LKPD pada pembelajaran IPA dalam materi gaya dan gerak di kelas IV MI. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model PLOMP. Penelitian ini dilakukan dengan tiga tahap yakni: 1) Preliminary Research; 2) Prototyping Phase; 3) Assesment Phase. Subjek dari penelitian ini melibatkan 30 siswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan buku paket dan belum tersedia bahan ajar berupa LKPD; 2) Pembelajaran IPA memerlukan alat bantu berupa LKPD berbasis Etno-STEM agar siswa mudah memahami materi; 3) Spesifikasi LKPD berbentuk buku dengan muatan materi yang mengintegrasikan antara kearifan lokal dengan pendekatan STEM (Science, Engineering, Technology, dan Mathematics); 4) Rancangan desain produk dengan menyusun prototipe awal (penyusunan isi, revisi, posisi gambar), dan membuat grafika produk (instal dan registrasi aplikasi Canva, mendesain, menyimpan, mengunduh dan mencetak konversi File menjadi buku; 5) Pengembangan LKPD berbasis Etno-STEM divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli bahan ajar, satu ahli bahasa, dan satu guru kelas IVa. Dari ahli materi diperoleh nilai validasi sebesar 96,25% dengan kategori sangat layak, dari ahli bahan ajar diperoleh nilai validasi sebesar 91,07% dengan kategori sangat layak, ahli bahasa diperoleh nilai validasi sebesar 95% dengan kategori sangat layak, dan guru sebesar 96,42% ; 6) Uji praktikalitas LKPD, dilakukan tiga tahap yakni uji perorangan (one to one evaluation), uji kelompok kecil (small group), dan uji lapangan (field test). Uji perorangan didapatkan nilai persentase sebesar 88,76%, uji kelompok kecil didapatkan nilai persentase sebesar 90,39%, dan 91,40% untuk uji lapangan dan masuk kategori sangat praktis; 7) Uji Efektivitas diperoleh melalui hasil pre-test dan post-test siswa, dengan nilai rata-rata pre-test sebesar 53,66% sedangkan 82,08% untuk nilai post-test sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah menggunakan LKPD berbasis Etno-STEM. Sehingga LKPD berbasis Etno-STEM efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: LKPD, Etno-STEM, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:04
Last Modified: 13 Jul 2023 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73074

Actions (login required)

View Item View Item