Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI SOAL-SOAL BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

RAUF NUR SALIM, RNS (2023) IMPLEMENTASI SOAL-SOAL BERBASIS HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
RAUF TANPA BAB IV OK.pdf - Published Version

Download (83MB) | Preview
[img] Text
RAUF BAB IV OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Kepulauan Meranti dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, implementasi soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Kepulauan Meranti sudah mengimplementasikan soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills), sudah sesuai dengan prosedur dan langkah-langkah dalam penyusunan soal berbasis HOTS, namun dalam pembuatan stimulus yang menarik dan konstekstual masih bersifat biasa dan pada penulisan kisi-kisi soal tidak mencantumkan level kognitif serta jumlah persentase soal yang termasuk kategori HOTS (Higher Order Thinking Skills) masih rendah. Kedua, faktor yang mempengaruhi implementasi soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada mata pelajaran fikih di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Kepulauan Meranti terdiri dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah guru-guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Kepulauan Meranti sudah pernah mengikuti pelatihan atau workshop terkait penyusunan soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan sarana prasarana Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Kepulauan Meranti sudah terpenuhi. Sedangkan faktor penghambat dalam mengimplementasikan soal-soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) adalah keterbatasan waktu dalam pembuatan soal HOTS, kemahiran guru dalam mengoprasionalkan komputer, keadaan ekonomi dan penghasilan guru serta tidak adanya pembagian kelas unggulan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 13 Jul 2023 04:13
Last Modified: 08 Mar 2024 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73065

Actions (login required)

View Item View Item