Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KPU KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PENYANDANG DISABILITAS DALAM PEMILIHAN UMUM 2019

ANDINI PUTRI NABILAH PURBA, - (2023) PERAN KOMISI PEMILIHAN UMUM KPU KOTA PEKANBARU DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK PEMILIH PENYANDANG DISABILITAS DALAM PEMILIHAN UMUM 2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (KECUALI BAB IV)
tanpa.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Andini Putri Nabilah Purba, (2023) : Peran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Umum 2019. Salah satu indikator keberhasilan pemilu adalah tingkat pasrtisipasi yang tinggi. Tingginya partisipasi menjamin legitimasi pemerintahan dan perlindungan hak pilih warga negara, termasuk kelompok rentan seperti penyandang disabilitas. Peraturan Komisi Pemilihan Nomor 10 tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum, menjelaskan bahwa KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu memiliki tanggung jawab dalam mendorong partisipasi masyarakat. Pada pemilu 2019, tingkat partisipasi pemilih penyandang disabilitas di Kota Pekanbaru termasuk rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran KPU Kota Pekanbaru dalam meningkatkan partisipasi pemilih penyandang disabilitas dalam pemilihan umum 2019 serta faktor penghambat KPU Kota Pekanbaru dalam meningkatkan partisipasi pemilih penyandang disabilitas dalam pemilihan umum 2019. Penelitian ini berjenis penelitian hukum empiris. Sifat penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan efektivitas hukum. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan metode purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Analisis data dalam penelitian ini dengan motode deskriptif kualitatif, kemudian penulis menarik kesimpulan dengan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa KPU Kota Pekanbaru telah berupaya untuk menjalankan peranannya dalam meningkatkan partisipasi pemilih penyandang disabilitas dalam Pemilihan Umum 2019. Namun upaya tersebut belum optimal. KPU Kota Pekanbaru dalam menjalankan peranannya tersebut masih memiliki berbagai hambatan sehingga tingkat partisipasi pemilih penyandang disabilitas di Kota Pekanbaru masih sangat rendah. Adapun peran yang telah dilakukan oleh KPU Kota Pekanbaru yaitu melakukan sosialisasi kepada pemilih penyandang disabilitas, melakukan koordinasi antar instansi, membentuk relawan demokrasi, membuka kesempatan untuk menjadi penyelenggara pemilihan umum kepada penyandang disabilitas, dan menciptakan pemilihan umum yang aksesibilitas. Adapun faktor penghambat KPU Kota Pekanbaru dalam meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas dalam pemilihan umum 2019 yaitu dipengaruhi oleh faktor keluarga, faktor ekonomi, dan yang terakhir faktor anggaran. Kata Kunci : Partisipasi Politik, Penyandang Disabilitas, Komisi Pemilihan Umum (KPU)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:43
Last Modified: 14 Jul 2023 07:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73057

Actions (login required)

View Item View Item