Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI DAN IMPLEMENTASI MAKNA AYAT AL-QURAN TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA MUSLIM SUKU ANAK RAWA DI KAMPUNG PENYENGAT KAB. SIAK. (STUDI LIVING QUR’AN)

DIAN PRATAMA, - (2023) PERSEPSI DAN IMPLEMENTASI MAKNA AYAT AL-QURAN TENTANG TOLERANSI BERAGAMA PADA MUSLIM SUKU ANAK RAWA DI KAMPUNG PENYENGAT KAB. SIAK. (STUDI LIVING QUR’AN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (KECUALI BAB IV)
TANPA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memaparkan tentang Persepsi dan Implementasi Makna ayat AlQuran Tentang Toleransi Beragama Pada Muslim Suku Anak Rawa Di Kampung Penyengat (Studi Living Qur’an). Suku anak Rawa merupakan salah satu suku asli riau yang berkonversi ke agama-agama resmi salah satunya adalah Islam dari agama lokal/Penghayat yang mereka anut, Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana persepsi masyarakat Muslim Suku Anak Rawa terhadap makna ayat al-Qur’an tentang toleransi beragama serta bagaimana implementasinyaa terhadap ayat tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kombinasi (mix method) dengan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian didapatkan melalui wawancara dan penyebaran angket mengenai objek yang dibahas. Data kuantitatif dianalisis menggunakan aplikasi Statistic Package for the Social Sciences (SPSS), sedangkan data kualitatif dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif yang berpandukan pada teori Huberman. Hasil penelitian ini mendapati bahwa secara keseluruhan tahap persepsi masyarakat Muslim Suku Anak Rawa kampung Penyengat semuanya berada pada interpretasi Tinggi. Sedangkan pada Implementasi Toleransi beragama didapati interaksi sosial masyarakat muslim Suku Anak Rawa Kampung Penyengat sejalan dengan ayat-ayat al-Qur’an tentang toleransi beragama. Selarasnya interaksi sosial masyarakat muslim Suku Anak Rawa Kampung Penyengat dengan ayat-ayat toleransi ini dibuktikan dengan tingginya toleransi beragama yang melekat dalam diri setiap individu. Hal tersebut bisa terjadi karena sikap saling menghargai dalam suatu perbedaan merupakan tradisi bagi masyarakat Suku Asli Anak Rawa. Kata Kunci: Toleransi beragama, Muslim suku anak rawa, Ayat-ayat Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:29
Last Modified: 14 Jul 2023 04:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73054

Actions (login required)

View Item View Item