Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ADAB PESERTA DIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY‟ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PERATURAN PRESIDEN RI NO 87 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKANKARAKTER

ADAM HASIBUAN, - (2023) ADAB PESERTA DIDIK MENURUT KH. HASYIM ASY‟ARI DALAM KITAB ADABUL ‘ALIM WAL MUTA’ALLIM DAN RELEVANSINYA DENGAN PERATURAN PRESIDEN RI NO 87 TAHUN 2017 TENTANG PENGUATAN PENDIDIKANKARAKTER. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adam Hasibuan (2023): Adab Peserta Didik Menurut KH. Hasyim Asy‟ari dalam Kitab Adabul ‘Alim wal Muta’allim dan Relevansinya dengan Peraturan Presiden RI No 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter” Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Adab Peserta Didik Menurut KH. Hasyim Asy‘ari dalam Kitab Adabul ‗Alim wal Muta‘allim dan Relevansinya dengan Peraturan Presiden RI No 87 Tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), Penelitian ini bersifat kualitatif, Teknik pengumpulan menggunakan teknik telaah dokumen atau biasa disebut dengan studi dokumentasi. Analisis data digunakan analisis isi (content analysis) yang bersumber dari hasil eksplorasi data kepustakaan. Hasil Penelitian di peroleh bahwa Peserta didik memiliki adab terhadap beberapa hal, pertama kepada diri sendiri, meliputi pembersihan hati, sabar, kedua, adab kepada guru, meliputi memberi penghormatan yang tinggi kepada guru, karena guru merupakan orang yang telah berjasa dalam mengarahkan dan membimbing pelajar ketika menuntut ilmu. ketiga adab kepada pelajaranya, meliputi Mengulang dan menghafal bacaan-bacaan hasil belajarnya, menyimak dan menganalisa ilmu-ilmu pengetahuan dan lainnya. Peraturan Presiden RI No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter‖ berdasarkan penelitian, memiliki Relevansi terhadap adab peserta dalam kitab Adabul ‗alim wal Muta‘allim karya KH. M. Hasyim Asy‘ari. Yaitu sama-sama berusaha untuk menjadikan pelajar sebagai pribadi yang berkarakter, berguna bagi masyarakat, agama dan negara. Kata kunci: Adab Peserta Didik, Adabul ‘alim wal Muta’allim, KH. M. Hasyim Asy’ari, Peraturan Presiden RI No 87 Tahun 2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:10
Last Modified: 14 Jul 2023 03:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73043

Actions (login required)

View Item View Item