Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA MTS TERINTEGRASI AYAT AL-QUR'AN BERBANTUAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

RIKA DESWANTI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA MTS TERINTEGRASI AYAT AL-QUR'AN BERBANTUAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIKA DESWANTI.pdf

Download (33MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rika Deswanti, (2023) : Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA MTs Terintegrasi Ayat Al-Qur’an Berbantuan Quick Response Code (QR Code) Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurangnya bahan ajar yang menarik pada pembelajaran IPA di MTs 1 Pekanbaru. Proses pembelajaran hanya beorientasi pada buku paket dan masih jarang yang terintegrasi ayat Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA MTs terintegrasi Ayat Al-Qur’an Berbantuan Quick Response Code (QR Code) pada materi sistem pernapasan manusia. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp dengan tiga tahapan yaitu :1) Preliminary Research; 2) Prototyping Stage; 3) Assesment Phase. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan LKPD, uji kepraktisan LKPD, dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa validitas produk LKPD sudah dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh nilai 88,1%, ahli integrasi ayat Al-Qur-an memperoleh nilai 88,3%, ahli bahan ajar memperoleh nilai 91%, dan ahli bahasa memperoleh nilai 90% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid dengan nilai rata-rata keseluruhan 89,3% dengan revisi. Tingkat praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, dengan nilai rata-rata keseluruhan 95,3%, dan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 89,9% dengan kategori sangat baik Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka lembar kerja peserta didik (LKPD) IPA MTs terintegrasi ayat Al-Qur’an Berbantuan Quick Response Code (QR Code) pada materi sistem pernapasan manusia sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Integrasi Ayat Al- Qur’an, Quick Response Code (QR Code), Sistem Pernapasan Manusia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 07:33
Last Modified: 13 Jul 2023 07:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73026

Actions (login required)

View Item View Item