Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG KECANDUAN GAME ONLINE DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK

SELLA GUSMINITA, - (2023) UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG KECANDUAN GAME ONLINE DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 SUNGAI APIT KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV SELLA GUSMINITA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV SELLA GUSMINITA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

ABSTRAK Sella Gusminita (2023) : Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa yang Kecanduan Game Online di SMA Negeri 1 Sungai Apit Kabupaten Siak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motivasi belajar siswa, 2) Upaya guru bimbingan dan konseling, 3) Faktor pendukung dan penghambat upaya guru bimbingan dan konseling. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun informan utamanya guru bimbingan dan konseling, informan pendukung wali kelas dan siswa. Objek penelitian ini adalah upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yang kecanduan game online di SMA Negeri 1 Sungai Apit Kabupaten Siak. Data penelitian dikumpulkan dengan mengunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, klasifikasi dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa yang kecanduan game online dalam mengikuti pembelajaran kurang termotivasi, ditandai dengan siswa sering terlambat datang kesekolah, sering tidak masuk, tidak mengerjakan tugas, menurunnya hasil belajar, sering tidak fokus pada saat mengikuti proses pembelajaran, dan tidak bisa mengontrol waktu, mereka menghabiskan waktunya untuk bermain game online dengan begitu berpengaruh pada motivasi belajarnya. 2) Upaya guru bimbingan dan konseling yaitu dengan melaksanakan layanan informasi (upaya preventif) dan (upaya kuratif) dengan melakukan konseling individual. 3) Faktor pendukung upaya guru bimbingan dan konseling yaitu, adanya dukungan dari kepala sekolah, adanya kerja sama yang baik antara guru bimbingan dan konseling dengan wali kelas, ketelatenan yang dimiliki oleh guru bimbingan dan konseling. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, kurangnya kesadaran siswa untuk brkonsultasi dengan guru bimbingan dan konseling, orang tua siswa, terkendala oleh waktu. Kata kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Motivasi Belajar Siswa, Kecanduan Game Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:14
Last Modified: 13 Jul 2023 03:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73018

Actions (login required)

View Item View Item