Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 25 TAHUN 2018 TENTANG PENDAFTARAN WAKAF DI KELURAHAN UJUNGBATU MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

SA’YAN MASKURON, - (2023) IMPLEMENTASI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 25 TAHUN 2018 TENTANG PENDAFTARAN WAKAF DI KELURAHAN UJUNGBATU MENURUT PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img]
Preview
Text
REVISI SETELAH SIDANG.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Problematika praktik wakaf baik berupa harta benda bergerak maupun tidak bergerak muncul disebabkan karena kurangnya tertib administrasi. Peraturan Pemerintah nomor 25 tahun 2018 muncul sebagai solusi ditengah masyarakat khususnya di Kelurahan Ujungbatu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan skop wilayah penilitian ini adalah Nazhir yang telah terdaftar di Kantor Urusan Agama Kecamatan Ujungbatu yang terletak di Kelurahan Ujungbatu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana implementasi peraturan pemerintah nomor 25 tahun 2018 tentang wakaf di Kelurahan Ujungbatu 2 )Apa faktor yang mempengaruhi implementasi peraturan pemerintah no 25 tahun 2018 di Kelurahan Ujungbatu 3) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah terhadap implementasi peraturan pemerintah nomor 25 tahun 2018 di Kelurahan Ujungbatu. Dalam penelitian ini, dapat ditemukan bahwa implementasi peraturan pemerintah nomor 25 tahun 2018 tentang wakaf masih belum terimplementasi secara optimal, terdapat faktor pendorong dan penghambat terlaksananya peraturan tersebut. Diantara faktor pendorong tersebut ialah adanya kegiatan 1000 tanah wakaf yang diselenggarakan oleh pemerintah. Kemudian, faktor penghambat terlaksananya peraturan tersebut ialah kurangnya literasi dan publikasi yang disediakan oleh pemerintah dan juga tingkat kepercayaan masyarakat dan transparansi dari lembaga wakaf dalam penerapan peraturan masih rendah sehingga minimnya koordinasi dan sinergi antar lembaga wakaf, pemerintah, dan masyarakat. Dalam tinjauan fiqh siyasah, hal ini telah sejalan dengan Fiqh Siyasah Dusturiyah yang mana mengandung unsur amanah dan adil dengan bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam beribadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:25
Last Modified: 13 Sep 2023 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73013

Actions (login required)

View Item View Item