Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE METHODS OF PRACTICING NAGHAM : ANALYSIS OF AL-QUR’AN AESTHETIC RECEPTION PERSPECTIVE RAHMAWATI JAMAL IN HALAQAH SHOUTUL QUR'AN

HANIFA FANNY MUHARANI, - (2023) THE METHODS OF PRACTICING NAGHAM : ANALYSIS OF AL-QUR’AN AESTHETIC RECEPTION PERSPECTIVE RAHMAWATI JAMAL IN HALAQAH SHOUTUL QUR'AN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANIFA FANNY MUHARANI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hanifa Fanny Muharani, 2023 : “Metode Praktik Nagham : Analisis Resepsi Estetis Al-Qur’an Perspektif Rahmawati Jamal di Halaqah Shoutul Qur’an” Skripsi ini berjudul “Metode Praktik Nagham : Analisis Resepsi Estetis Al-Qur’an Perspektif Rahmawati Jamal di Halaqah Shoutul Qur’an”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya menguasai teknik vokal bagi Qori’ Qori’ah dalam membaca Al-Qur’an. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan strategi, cara dan metode yang tepat. Dari hal ini, penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam metode yang diajarkan oleh Ustadzah Rahmawati Jamal dalam meningkatkan kemampuan teknik vokal para pembaca Al-Qur’an di Halaqah Shoutul Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan studi lapangan. Penelitian ini meliputi pembahasan mengenai karakteristik metode dalam praktik nagham di Halaqah Shoutul Qur’an. Kemudian penelitian ini juga membahas tentang kelebihan dan kekurangan pada metode praktik nagham di Halaqah Shoutul Qur’an. Kelebihan dari metode ini ialah Qori’ Qori’ah di Halaqah Shoutul Qur’an memiliki kualitas vokal yang optimal, dapat mengatur pernapasan dengan benar, dapat meletakkan variasi lagu dengan tepat, menimbulkan penghayatan saat membaca Al-Qur’an, membuat percaya diri lebih meningkat, meningkatkan prestasi dan menambah relasi. Kekurangan dari metode ini ialah tidak cocok bagi pemula, durasi latihan yang terlalu lama untuk satu orang, terlalu memforsir suara, kurangnya penguasaan tajwid dan kurangnya pengetahuan terhadap variasi lagu terbaru. Kata Kunci : Praktik, Nagham, Resepsi Estetis, Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:23
Last Modified: 13 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73012

Actions (login required)

View Item View Item