Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MOTIVASI SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK BIDANG BIMBINGAN KARIER (Studi Kasus di Kelas XII Jurusan Teknik Komputer & Jaringan SMKN 7 Pekanbaru)

GUSTYA INDAH, - (2023) MOTIVASI SISWA MENGIKUTI LAYANAN KONSELING KELOMPOK BIDANG BIMBINGAN KARIER (Studi Kasus di Kelas XII Jurusan Teknik Komputer & Jaringan SMKN 7 Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV GUSTYA INDAH.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BABIV GUSTYA INDAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB)

Abstract

ABSTRAK Gustya Indah (2023) : Motivasi Siswa Mengikuti Layanan Konseling Kelompok Bidang Bimbingan Karier (Studi Kasus di Kelas XII Jurusan Teknik Komputer & Jaringan SMKN 7 Pekanbaru) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Motivasi siswa dalam mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier di kelas XII jurusan Teknik Komputer & Jaringan SMKN 7 Pekanbaru, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier di kelas XII jurusan Teknik Komputer & Jaringan SMKN 7 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dan desain penelitian bersifat deskriptif. Informan utama dalam penelitian ini yaitu guru bimbingan dan konseling, 3 siswa dan 1 siswi kelas XII jurusan Teknik Komputer & Jaringan SMKN 7 Pekanbaru yang kurang termotivasi mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier dan informan pendukung dalam penelitian ini yaitu 2 siswi kelas XII jurusan Teknik Komputer & Jaringan SMKN 7 Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah motivasi mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tahapan reduksi data, klasifikasi data dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi siswa mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier ini yaitu motivasi ekstrinsik yang lebih besar dibandingkan motivasi instrinsik. Karena dorongan dari guru bimbingan dan konseling lebih besar dibandingkan dengan dorongan dari dalam diri siswa untuk mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier tersebut, sehingga siswa-siswi kurang berantusias dalam mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier. 2) Faktor yang mempengaruhi motivasi instrinsik siswa mengikuti layanan konseling kelompok bidang bimbingan karier yaitu ketidakpahaman siswa/siswi mengenai topik permasalahan yang dipecahkan, ketidakpahaman siswa/siswi akan manfaat dari konseling kelompok bidang bimbingan karier, kurangnya rasa percaya siswa/siswi dengan anggota kelompok, dan terdapat pula kesehatan siswa yang kurang baik sehingga saat berlangsungnya kegiatan mengganggu konsentrasi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi motivasi ekstrinsik siswa bahwa lebih besar dorongan dari guru bimbingan dan konseling daripada dorongan dalam diri siswa/siswi, ketidaknyamanan siswa dengan teman sekelompok karena sebelumnya ada selisih paham sehingga menjadi tidak leluasa dalam mengikuti kegiatan. Kata Kunci: Motivasi Siswa, Konseling Kelompok, Bidang Bimbingan Karier

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:17
Last Modified: 13 Jul 2023 03:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73006

Actions (login required)

View Item View Item