Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN KANTOR POS RUMBAI

Anisa Halifa, - (2023) PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER DALAM MENENTUKAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN KANTOR POS RUMBAI.

[img]
Preview
Text
Laporan TA Anisa Halifa.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi membuat jasa pelayanan dan pengiriman barang berkembang pesat. Ditambah dengan kebiasaan berbelanja masyarakat yang berubah dengan berbelanja online membuat perusahaan ekspedisi semakin dibutuhkan. PT. POS Indonesia merupakan perusahaan ekspedisi pertama yang ada di Indonesia. Saat ini PT. POS Indonesia telah membuka banyak cabang Kantor POS yang ada pada setiap daerah di Indonesia, salah satunya Kantor POS Rumbai yang berada di Kota Pekanbaru. Untuk terus mempertahankan perusahaan selama bersaing dengan ekspedisi lain, Kantor POS Rumbai harus tetap mempertahankan pelanggannya dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Analisis survei dapat dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dapat menggunakan metode klasifikasi. Naive Bayes merupakan algoritma yang populer dan efektif pada machine learning dalam masalah klasifikasi. Penelitian menggunakan dataset yang besumber dari hasil penyebaran kuesioner kepada pelanggan Kantor POS Rumbai. Kuesioner menggunakan 14 indikator yang berasal dari Indeks Kepuasan Masyarakat yang telah ditetapkan oleh KepMenPan pada tahun 2004. Klasifikasi menghasilkan kelas Puas sebanyak 16 data dengan perserntase 84,2% dan kelas Tidak Puas sebanyak 3 data dengan persentase 15,8%, dapat disimpulkan bahwa pelayanan pada Kantor POS Rumbai sudah baik. Dari hasil klasifikasi terbukti bahwa algoritma Naïve Bayes mampu memprediksi dengan baik tingkat kepuasan pelanggan dengan nilai akurasi sebesar 94,74%, presisi sebesar 100%, dan recall sebesar 94,12%. Hasil dari penelitian ini nantinya dapat dijadikan informasi bagi pihak Kantor POS Rumbai untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Article
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:32
Last Modified: 12 Jul 2023 06:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72932

Actions (login required)

View Item View Item