Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Aprilia Nuraini, Aprilia (2023) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBUATAN AKTA KEMATIAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang partisipasi masyarakat pada pembuatan akta kematian di Kabupaten Indragiri Hilir, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan yang menjelaskan bahwa setiap kematian wajib dilaporkan oleh keluarganya atau yang mewakili kepada instansi pelaksanaan paling lambat 30 (tiga puluh) hari sejak tanggal kematian. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi masyarakat dalam kepemilikan akta kematian, apa saja yang menjadi faktor penghambat, dan bagaimana upaya pemerintah dalam mendukung partisipasi masyarakat dalam kepemilikan akta kematian di Kabupaten Indragiri Hilir. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan menjadikan 2 orang staff Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Indragiri Hilir dan 6 orang masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir sebagai key informan. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primen dan data sekunder serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam partisipasinya banyak masyarakat yang sudah mengetahui program pembuatan akta kematian, akan tetapi masih ada masyarakat yang belum mengetahui manfaat dari akta kematian tersebut, meskipun pemerintah sudah mensosialisasikan kepada masyarakat. Adapun faktor penghambat dari kepemilikan akta kematian adalah kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai akta kematian, kurangnya tindakan yang dilakukan oleh masyarakat, dan sikap masyarakat itu sendiri. Upaya pemerintah dalam mendukung partisipasi masyarakat dalam kepemilikan akta kematian yaitu dengan menciptakan aplikasi “Disdukcapil Inhil” yang mana bisa di akses melalui android masing-masing dan pemerintah juga mengadakan sosialisasi secara bergilir 2 kali dalam sebulan ke desa-desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akta Kematian, Partisipasi Masyarakat, Dokumen
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:22
Last Modified: 13 Jul 2023 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72875

Actions (login required)

View Item View Item