Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTS DARUSSAKINAH XIII KOTO KAMPAR

MUTIARA ROSA LINDA, - (2023) PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTS DARUSSAKINAH XIII KOTO KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELTIIAN (BAB IV).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENNELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

MUTIARA ROSA LINDA (2023) : PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTS DARUSSAKINAH XIII KOTO KAMPAR Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting. Pendikan tidak lepas dari proses belajar mengajar. Belajar adalah upaya untuk merubah tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan.. Sedangkan kemampuan yang dimilki peserta didik setelah menerima pengalaman belajar dapat mengubah tingkat laku peserta didik dari tidak tau menjadi tau. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia kelas Vlll MTs Darussakinah? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode diskusi terhadap hasil belajar peserta didik untuk mengetahui berapa besar pengaruh hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan bahasa Indonesia kelas Vlll MTs Darussakinah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitaif, objek penelitian ini peserta didik kelas Vlll MTs Darussakinah dengan jumlah peserta didik 60 orang terdiri dari 2 kelas, menggunakan teknik pengambilan sample nonprobability sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan tes untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik sesuai pembahasan dengan menggunakan metode diskusi, dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait dengan profil sekolah, sejarah berdirinya, guru, karyawan, data peserta didik MTs Darussakinah serta mengumpulkan data tentang proses belajar mengajar. Adapun analisis yang digunakan oleh peneliti adalah dengan menggunakan rumus uji t atau t-test. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan hasil bahwa tobserver > ttabel yaitu 0,837>0,677 maka hipotesis alternatif (H diterima dan hipotesis nol (H ditolak jadi dengan menggunakan metode diskusi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Metode Diskusi, Hasil Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:02
Last Modified: 12 Jul 2023 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72873

Actions (login required)

View Item View Item