Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH IMITATION IDOL K-POP TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PADA REMAJA KOTA PEKANBARU (Studi Pada Penggemar BTS : Komunitas Moarmy Pekanbaru)

RISKA PURWATININGSIH, - (2023) PENGARUH IMITATION IDOL K-POP TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN PADA REMAJA KOTA PEKANBARU (Studi Pada Penggemar BTS : Komunitas Moarmy Pekanbaru). Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BBA IV.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti tentang perilaku Moarmy yang berada di dalam komunitas Moarmy (adalah fanbase dari salah satu boy band yang berasal dari negara Korea Selatan yaitu BTS). Dari fenomena yang terlihat perilaku keagamaan remaja kurang bagus dikarenakan terdapat penggemar yang rela mengahabiskan waktu berjam-jam untuk melihat kegiatan idolanya, dan menghabiskan banyak uang. Salah satu tugas perkembangan remaja adalah menemukan manusia model yang menjadi identitasnya, manusia model yang menjadi identitasnya remaja dalam penelitian ini ialah idol K-Pop. Banyak nya remaja yang mempunyai perilaku dengan mudahnya mereka membeli album, mengoleksi Foto Card, dan menonton konser, tidak hanya itu saja di dalam komunitas Moarmy Pekanbaru mereka sering membuat project ulang tahun untuk idola mereka. Ketika seseorang berlebihan dalam menyukai sesuatu maka seseorang tersebut akan melakukan perilaku Imitation atau disebut juga dengan meniru apa yang dilihat dan apa yang disukai. Perilaku keagamaan adalah suatu perbuatan seseorang baik dari tingkah laku maupun dalam berbicara yang didasarkan dalam petunjuk ajaran agama. BTS adalah salah satu boygrup yang berasal dari Korea Selatan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Imitation K-Pop terhadap perilaku keagamaan pada remaja Kota Pekenbaru (studi pada penggemar BTS : komunitas moarmy Pekanbaru). Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji korelational dengan jumlah populasi 34 orang dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis melalui regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara Imitation K-Pop terhadap perilaku keagamaan pada remaja Kota Pekanbaru. Besarnya pengaruh ditunjukkan pada nilai F hitung = 0,079 < F tabel = 4,149 maka nilai F hitung lebih kecil dari F tabel. Sedangkan nilai signifikansi yang dihasilkan sebesar 0,780 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Dalam penelitian ini tidak terdapat pengaruh signifikansi yang berkorelasi negatif antara imitation idol k-pop dengan perilaku keagamaan pada remaja kota Pekanbaru (studi pada penggemar BTS : komunitas moarmy Pekanbaru). Variabel imitation idol k-pop tidak dapat mempengaruhi perilaku keagamaan pada remaja kota Pekanbaru (studi pada penggemar BTS : komunitas moarmy Pekanbaru sebesar 00,2 %. Kata kunci : Imitation, Idol, K-Pop, Perilaku Keagamaan, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 12 Jul 2023 03:23
Last Modified: 12 Jul 2023 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72818

Actions (login required)

View Item View Item