Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

FUJIA ALVAREZA. M, - (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN LIVE WORKSHEETS UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
kecuali bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model ASSURE yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik (E-LKPD) berbasis Discovery Learning menggunakan Live Worksheets pada materi peluang untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 6 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli teknologi pendidikan, dan peserta didik kelas X. Objek penelitian ini adalah e-LKPD berbasis Discovery Learning menggunakan Live Worksheets pada materi peluang untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, lembar validasi untuk ahli teknologi pendidikan, angket respon peserta didik, dan soal posttest. Jenis data yang digunakan berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis Discovery Learning menggunakan Live Worksheets yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dengan tingkat kevalidan 0,92 dan sangat praktis (95,46% untuk kelompok kecil dan 94,55% untuk kelompok besar). Kemudian untuk uji efektifitas, diperoleh nilai t_hitung>t_tabel yaitu 7,83>2,04, sehingga H_a diterima dan H_0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa e-LKPD berbasis Discovery Learning menggunakan Live Worksheets yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:28
Last Modified: 12 Jul 2023 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72801

Actions (login required)

View Item View Item