PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) MELALUI METODE LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII PROGRAM FULL DAY SMP IT AR ROYYAN AT TAQWA PEKANBARU.

Imam Arifin Siregar, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ) MELALUI METODE LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII PROGRAM FULL DAY SMP IT AR ROYYAN AT TAQWA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201196.pdf

Download (580kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa program full day. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan metode langsung dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIIIA program Full Day di SMP IT Ar Royyan At Taqwa Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA program full day di SMP IT Ar Royyan At Taqwa Pekanbaru yang berjumlah 26 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode langsung dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VIIIA program Full Day di SMP IT Ar Royyan At Taqwa Pekanbaru. Adapun waktu penelitian ini dilaksanakan bulan Juli sampai dengan Agustus 2010. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik, maka peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berhasilnya penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode langsung, diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar bahasa Arab siswa pada setiap siklus baik pada siklus I, II dan III. Pada siklus I hasil belajar bahasa Arab siswa adalah 61,53 % dengan kategori “ cukup ” karena berada pada interval 56-75 %. Pada siklus II hasil belajar bahasa Arab siswa meningkat dengan persentase 73,08 % dengan kategori “ cukup ” karena berada pada interval 56-75 %. Setelah diadakan perbaikan proses pembelajaran pada siklus III, hasil belajar bahasa Arab siswa meningkat dengan persentase 80,76 % dngan kategori “ tinggi ” berada pada interval 76-100 %. Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan proses pembelajaran bahasa Arab melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD melalui metode langsung dapat dikatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/728

Actions (login required)

View Item View Item