Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE INTERPRETATION OF VALLEY VERSES IN THE QURAN AND THEIR SPECIAL FEATURES FOR THE HUMAN LIFE (THEMATIC AND ANALYTICAL STUDY)

SITI HASNURRADIAH BT JAMALLUDDIN, - (2023) THE INTERPRETATION OF VALLEY VERSES IN THE QURAN AND THEIR SPECIAL FEATURES FOR THE HUMAN LIFE (THEMATIC AND ANALYTICAL STUDY). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI HASNURRADIAH BT JAMALLUDDIN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang penafsiran ayat-ayat tentang lembah dalam Al- Quran dan fitur-fitur spesialnya bagi kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan yang dalam tentang pentingnya memelihara lingkungan alam kepada setiap lapisan masyarakat dan menanamkan rasa tanggungjawab kepada masyarakat dengan ikut andil dan bertindak dalam menjaga lingkungan hidup yang dimiliki bersama yang sangat penting dan berguna bagi kehidupan manusia. Pokok kajian dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang lembah dalam Al-Quran menurut para mufassir dan apa saja fiturfitur spesialnya bagi kehidupan manusia menurut mufasir. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode tematik (maudhu’i). Sumber data yang digunakan terdiri dari dua bentuk, yaitu data primer dan data sekunder yang memiliki relevansi dengan kajian penelitian ini. Manakala, teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lembah merupakan tempat mengalirnya air dari celah antara dua gunung. Fungsi lembah adalah untuk mengalirkan air dari daerah dataran tinggi ke daerah dataran rendah. Lembah juga memiliki ukuran dan bentuk yang beragam. Ada yang kecil dan ada pula yang besar. Selain itu, lembah memiliki banyak manfaat dan keistimewaan bagi kehidupan manusia, seperti menjadi sumber air bersih, membawa tanah yang subur, menyediakan sistem drainase yang baik, dan memiliki iklim yang baik untuk usaha pertanian. Hal ini memudahkan manusia untuk mengembangkan area pertanian, peternakan serta iklim yang rendah memberikan kenyamanan bagi kehidupan manusia. Kata Kunci: Lembah, Penafsiran, Al-Quran, Fitur-Fitur Spesial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 12 Jul 2023 00:45
Last Modified: 12 Jul 2023 00:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72792

Actions (login required)

View Item View Item