Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI KOLABORASI GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BUKIT BATU

NUR HISNA DANIATI, - (2023) STRATEGI KOLABORASI GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU MATA PELAJARAN DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BUKIT BATU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV NUR HISNA DANIATI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV NUR HISNA DANIATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Hisna Daniati, (2023): Startegi Kolaborasi Guru Bimbingan Konseling dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bukit Batu Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Strategi kolaborasi guru BK dengan guru mata pelajaran; 2) Faktor pendukung dan penghambat strategi kolaborasi. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Informan utama yaitu 2 orang guru BK, 5 orang guru mata pelajaran, serta informan pendukung 10 orang siswa. Lokasi di SMAN 1 Bukit Batu. Data penelitian menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi kolaborasi guru BK dengan guru mata pelajaran adalah saling berbagi infomasi atau data tentang kondisi siswa di kelas ke guru BK untuk memperoleh layanan bimbingan dan konseling, kerjasama yang dilakukan oleh guru mata pelajaran adalah mengalih tangan kasus siswa kepada guru BK yang memerlukan pelayanan khusus bimbingan dan konseling, guru BK dan guru mata pelajaran saling mengobservasi siswa yang mengalami kesulitan belajar seperti cara belajar siswa, dan guru mata pelajaran berkolaborasi dengan guru BK dalam penyesuaikan metode pengajaran mereka sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru BK dapat memberikan informasi tentang gaya belajar siswa, minat, dan kebutuhan khusus lainnya, sehingga guru mata pelajaran dapat memodifikasi pendekatan, metode dan media dalam mengajar. 2) Faktor pendukung strategi kolaborasi seperti sarana dan prasarana, koordinasi guru BK dan para personil sekolah. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan waktu dan kurang tenaga guru BK. Kata Kunci: Strategi Kolaborasi Guru BK dengan Guru Mata Pelajaran, Kesulitan Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jul 2023 00:34
Last Modified: 12 Jul 2023 00:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72788

Actions (login required)

View Item View Item