Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2009 TENTANG KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PEMBERIAN JAMINAN SOSIAL BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL DI UPT BINA LARAS KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

HANNY WAHYUNI, - (2023) PELAKSANAAN UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2009 TENTANG KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PEMBERIAN JAMINAN SOSIAL BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL DI UPT BINA LARAS KOTA PEKANBARU PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HANNY WAHYUNI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hanny Wahyuni (2023) : Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 Tentang Kesejahteraan Sosial Dalam Pemberian Jaminan Sosial Bagi Penyandang Cacat Mental Di UPT Bina Laras Kota Pekanbaru Perspektif Fiqih Siyasah Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya pelaksanaan rehabilitasi sosial yang dilakukan UPT. Bina Laras Kota Pekanbaru untuk menciptakan jaminan sosial dan kesejahteraan sosial, salah satunya ditujukan kepada penyandang disabilitas mental atau penyandang cacat mental yang memiliki masalah sosial sebagaimana telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial oleh UPT. Bina Laras Dinas Sosial Kota Pekanbaru dan bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial oleh UPT. Bina Laras dalam pemberian jaminan sosial bagi penyandang cacat mental dan mengetahui bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu penelitian lapangan. Subjek dalam penelitian ini adalah pihak yang bersangkutan yaitu kepala seksi rehabilitasi sosial beserta staff. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial dalam pemberian jaminan sosial bagi penyandang cacat mental di UPT. Bina Laras Kota Pekanbaru perspektif fiqih siyasah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yakni semua data yang didapatkan dijelaskan secara rinci dan sistematis dalam bentuk kata-kata tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengenai pelaksanaan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial mengenai rehabilitasi sosial bagi penyandang cacat mental, UPT. Bina Laras Kota Pekanbaru telah melakukan pelayanan dan pembinaan. Pelaksanaan rehabilitasi sosial ini telah dilakukan sebagaimana mestinya dalam ketentuan yang berlaku tetapi hasil dari pelayanan rehabilitasi sosial belum mencapai sebagaimana mestinya hal ini diketahui dari permasalahan infrastruktur pelayanan yang kapasitas dan daya tampungnya terbatas serta kurangnya SDM. Menurut perspektif fiqih siyasah Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial sudah sesuai aturan Islam, namun ketersediaan infrastruktur dan kurangnya SDM membuat pelaksanaan ini menjadi belum optimal. Kata kunci : Pelaksanaan, UPT Bina Laras, Rehabilitasi Sosial, Fiqih Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:28
Last Modified: 11 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/72777

Actions (login required)

View Item View Item